Kunjungan ke Toba, Wamendes Serukan Perantau Bangun Desanya

M. Isa | Senin, 05/04/2021 22:57 WIB
Kunjungan ke Toba, Wamendes Serukan Perantau Bangun Desanya Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi (foto: Kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi  mengunjungi Desa Siantar Sitiotio, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Senin 5 April 2021.

Dalam kunjungan ini, Budi Arie melihat adanya potensi alam yang luar biasa di desa ini yang bisa dimanfaatkan. Sehingga, sudah selayaknya Desa Siantar Sitiotio yang sudah ditetapkan sebagai desa wisata oleh Pemerintah Kabupaten Toba ini didukung dalam hal pengembangan desa wisata.

"Keinginan luar biasa bagi para perantau yang ingin membangun desanya agar lebih maju harus kita dukung, apalagi, disupport juga oleh para pemuda-pemudanya," kata Budi Arie dalam keterangan persnya.

Oleh karena itu, Budi Arie menyerukan kepada seluruh perantau khususnya yang sudah sukses dari Kabupaten Toba untuk turut membangun desa seperti yang telah dilakukan oleh perantau dari Desa Siantar Sitiotio.

"Seorang perantau yang punya keinginan membangun kampungnya ini hebat, apalagi, kalau ada 231 desa di Toba yang memiliki perantau membangun desanya, saya yakin Toba akan maju mengalahkan kabupaten lain.

Lebih lanjut, Budi Arie menilai bahwa kunci majunya pembangunan desa ada 3 yakni pertama masih banyak anak mudanya didesa, kedua SDM harus kreatif dan inovatif dan ketiga partisipasi masyarakat.

"Kita ingin masyarakat aktif dan berperan serta dalam membangun desanya seperti para perantau yang juga bagian dari masyarakat. Jadi, masyarakat jangan hanya jadi penonton," katanya.


Berita Terkait :