Buka Rakernas, Gus Yagut Ingin Kemenag Layani Seluruh Agama

M. Isa | Senin, 05/04/2021 21:38 WIB
Buka Rakernas, Gus Yagut Ingin Kemenag Layani Seluruh Agama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2021. Kegiatan yang mengangkat tema Percepatan Transformasi Layanan Publik ini digelar secara luring dan daring, mulai Senin-Rabu, 5 - 7 April 2021 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta seluruh jajarannya untuk memperbaiki niat dan mind set, “Pertama kali saya berada di kementerian ini, saya telah menyatakan bahwa agama harus menjadi inspirasi. Dan Kementerian Agama harus menjadi kementerian yang melayani seluruh agama, bukan hanya Islam saja. Mind set ini harus dimiliki seluruh jajaran Kemenag,” katanya.

Kedua, lanjut Menag, perbaikan tata kelola organisasi Kemenag harus beradaptasi dengan perkembangan zaman, termasuk perkembangan teknologi.

“Kita sekarang tidak bisa lagi memberikan pelayanan dengan cara lama, hadir fisik, tapi melakukan perubahan secara digital,” ungkap Gus Yaqut, sapaan akrabnya.

Untuk mewujudkan percepatan transformasi publik, Gus Menteri menyampaikan bahwa saat ini tengah disiapkan Situation Room dan Super AppsSituation Room digunakan untuk memantau perkembangan dan pergerakan dinamika masyarakat, baik sosial, politik, maupun keagamaan agar Kemenag bisa memberikan respons secara cepat atas apa yang terjadi di masyarakat.

Super Apps dan Situation Room disiapkan untuk menjawab ini semua. Dan ini memerlukan kerjasama semua pihak,” tandasnya.