Dirintis dari Dana Desa, Gus AMI Resmikan Nangkula Park di Tulungagung

Ahmad Zubaidi | Senin, 05/04/2021 14:04 WIB
Dirintis dari Dana Desa, Gus AMI Resmikan Nangkula Park di Tulungagung Gus AMI menandatangani prasasti tanda peresmian Nangkula Park di Tulungagung (foto Radarbangsa/AL)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI mengaku bangga dengan geliat pariwisata Desa yang saat ini cukup banyak didirikan di pedesaan, terlebih wahana itu bersumber dari Dana Desa.

Hal itu dia kemukakan saat mengunjungi sekaligus meresmikan sebuah destinasi wisata pedesaan bernama Nangkula Park, yang terletak di pinggir jalan protokol Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

“Saya bangga dan memberikan apresiasi yang dltinggi terhadap wisata desa yang tumbuh dan dirintis melalui anggaran Dana Desa. Ini inovasi ternyata sangat diminati, bisa menjadi pemasukan bagi desa sekaligus menfhibur masyarakat desa,” kata Gus AMI di Nangkula Park, Senin, 5 April 2021.

Sebagai destinasi wisata baru, Gus AMI berharap Nangkula Park ramai dikunjungi wisatawan, baik dari dalam daerah maupun luar daerah agar ada geliat ekonomi masyarakat desa setempat sekaligus menambah pemasukan kas desa.

Wahana ini terdiri dari taman bunga, jogging track melingkar, lapangan sepak bola, dan juga ada warung kopi dan restoran tempat para pengunjung bisa menikmati suasana relaks dan romantis.

Salah satu hal yang paling unik dan menarik dari tempat ini adalah terdapat patung keris raksasa yang menjulang ke atas langit. Sangat Instagrammable, sehingga tak heran banyak pengunjung yang mengambil momen atau sekedar foto selfie di spot ini.

“Tentu harus ditambahi kreasi dan inovasi yang menghibur masyarakat. Ini bukti Dana Desa digunakan secara tepat dan produktif,” ungkapnya.

Saat ditanya mengapa memilih mengunjungi Nangkula Park, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyatakan bahwa destinasi itu adalah yang terbaik dan memiliki prospek ekonomis bagi masyarakat desa setempat.

“Nangkula ini termasuk paling sukses dan memiliki prospek yang paling baik. Supaya kalau saya datang ke sini yang lain turut membantu dan memperhatikan,” kata Gus AMI.

Tak hanya di Nangkula Park Tulungagung, Gus AMI seluruh desa di Indonesia bisa memenfaatkan Dana Desa ke arah yang lebih produktif agar kesejahteraan bisa dicapai bersama-sama.

“Desa-desa yang lain bisa menggunakan dana desa yang produktif untuk apa saja yang memungkinkan memberikan hasil buat kas desa. Maka BUMDES ini harus dikembangkan,” tutup Gus AMI.

Usai meresmikan Nangkula Park, Gus AMI lalu melepas ribuan bibit ikan Nila, Tawes dan Tombro di area wahana itu. Selain untuk menambah stock ikan, pelepasan bibit ikan itu sekaligus untuk mengembalikan fungsi perairan sebagai ekosistem akuatik.