Wapres Maruf Amin Ajak Tokoh Agama Jaga Kerukunan Antar Umat

Rahmad Novandri | Kamis, 01/04/2021 18:35 WIB
Wapres Maruf Amin Ajak Tokoh Agama Jaga Kerukunan Antar Umat KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden, KH Maruf Amin, meminta seluruh tokoh agama terus terlibat dan berkontribusi dalam menjaga kerukunan antarumat beragama demi membangun kesatuan dan keutuhan nasional. Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada Perayaan Paskah Lintas Umat Beragama 2021 yang diselenggarakan Persekutuan Gereja Gereja Indonesia (PGI) di Tanah Papua dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua secara daring, Kamis, 1 April 2021.

“Saya berharap, melalui momentum Perayaan Paskah Lintas Umat Beragama ini, para tokoh agama dapat terus berperan dan berkontribusi dalam upaya ikut menjaga kerukunan antar umat beragama, membangun kesatuan dan keutuhan nasional,” ujar Kiai Maruf seperti dipansir dari antaranews.com.

Wapres mengungkapkan pentingnya mengutamakan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari, dengan mengamalkan ajaran agama sesuai konteks kebhinnekaan dan saling menghormati antarumat di Indonesia. Dengan moderasi beragama tersebut, lanjutnya, maka konflik-konflik antarumat beragama dapat dicegah, seperti penghinaan terhadap agama dan tokoh agama, kekerasan atas nama agama, pemahaman menyimpang terhadap agama, serta diskriminasi etnis.

“Moderasi beragama harus dikembangkan secara luas untuk mencegah munculnya tindakan diskriminatif serta mencegah sikap ekstrem dan intoleran yang dapat memicu konflik antarumat beragama,” tuturnya.

Kiai Maruf juga berpesan bahwa kerukunan antarumat beragama merupakan kunci terwujudnya kerukunan nasional dan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.