Tingkatkan SDM, Kemenag Jajaki Kerjasama dengan PP Pemuda Muhammadiyah

M. Isa | Rabu, 31/03/2021 22:15 WIB
Tingkatkan SDM, Kemenag Jajaki Kerjasama dengan PP Pemuda Muhammadiyah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menerima pengurus PP Pemuda Muhammadiyah (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) dengan Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah menjajaki kerjasama program pengembangan pendidikan di Indonesia.

"Pengembangan wawasan kebangsaan bagi kaum millenial, dibutuhkan kolaborasi. Anak muda Muhammadiyah ke depan harus lebih progresif," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menerima pengurus PP Pemuda Muhammadiyah di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Rabu 31 Maret 2021.

Menurut Gus Yaqut, sapaan akrabnya, kolaborasi penting dilakukan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama dalam bidang pendidikan.

"Kita harus kolobaratif dalam menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa pada semua agama di Indonesia, khususnya terkait pengembangan Sumber Daya Manusia pada dunia pendidikan. Sasarannya adalah kaum milenial," tambah Gus Yaqut.

Selain pengembangan dunia pendidikan, kata Gus Yaqut, Kemenag-PP Pemuda Muhammadiyah juga bisa berkolaborasi mengkaji perkembangan hukum yang ada di Indonesia. Gus Yaqut menyebutnya sebagai rekontekstualisasi hukum.  "Hukum itu elastis mengikuti perkembangan zaman," kata Gus Yaqut.

"Ulama dahulu seperti Walisongo sudah melakukan rekontekstualisasi terhadap sebagian produk hukum. Persoalan keummatan ini harus kolaboratif," sambungnya.

Gus Yaqut menegaskan, pihaknya terus membuka diri untuk bekerjasama dengan berbagai ormas, baik NU, Muhammadiyah, Persis, Al Washliyah, dan lainnya. Termasuk juga dengan organisasi ekstra kampus, seperti seperti IMM, HMI, PMII, dan lainnya