Penyelenggaraan PON XX Papua Momentum Kebangkitan Prestasi di Tengah Pandemi

Rahmad Novandri | Rabu, 31/03/2021 21:01 WIB
Penyelenggaraan PON XX Papua Momentum Kebangkitan Prestasi di Tengah Pandemi Logo PON XX Papua 2021. (Foto: reportasepapuacom)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin mengatakan, suksesnya penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 bukan hanya sekadar prestise dalam bidang penyelenggaran, namun lebih dari itu merupakan momentum kebangkitan prestasi masing-masing daerah di tengah pandemi COVID-19.

Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) tersebut menyatakan bahwa PON XX Papua 2021 akan dikenang sebagai sejarah yang akan tercatat dalam perjalanan bangsa Indonesia.

"PON Papua harus jadi wadah menggali potensi atlet bagi kekuatan Tim Nasional (Timnas). Harapannya, setiap daerah benar-benar mengirimkan atlet yang memiliki bobot dan potensi juara di setiap cabang olahraga. Sekali lagi, ini bukan sebatas prestise penyelenggaran tapi tujuannya tetap prestasi," ujar Azis seperti dilansir dari dpr.go.id.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PC PCI) ini mengingatkan, PON XX Papua merupakan pesta olahraga tingkat nasional terbesar di Indonesia. Even olahraga bergengsi tanah air yang digelar empat tahun sekali ini menjadi perhelatan olahraga terbesar yang dilaksanakan di luar wilayah Jawa dan Sumatera.

"Ini menjadi catatan sejarah, sejak kali pertama PON 1948 di Solo. Kebanggaan itu makin komplit rasanya dengan adanya raihan prestasi baru, ada rekor baru di setiap gelanggang olahraga," terangnya.

Azis menyatakan, pemerintah khususnya Panitia Besar PON Papua diharapkan mampu bekerja maksimal membantu kelancaran PON. Di sisi lain, ia berharap masyarakat Papua dapat berpartisipasi menyukseskan penyelenggaraan ajang olahraga lima tahunan tersebut dengan turut menjaga kondisi keamanan.

"Papua kondusif serta terpantau aman dan masyarakat di Papua siap menjadi tuan rumah yang baik menyambut duta-duta olahraga nasional," tegasnya.