Di Hadapan Uskup Agung Makassar, Gus Yaqut: Umat Katholik Tak Sendiri

M. Isa | Selasa, 30/03/2021 17:18 WIB
Di Hadapan Uskup Agung Makassar, Gus Yaqut: Umat Katholik Tak Sendiri

RADARBANGSA.COM - Mata Uskup Agung Makassar Mgr John Liku Ada` berkaca-kaca, tangannya menggenggam erat tangan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang datang ke Gereja Katedral Makassar, Senin 29 Maret 2021 petang.

"Terima kasih atas kedatangan Bapak Menteri Agama ke gereja kami," ujar Uskup Agung Makassar Mgr John Liku Ada` tanpa melepaskan genggaman tangannya. 

Kepada Uskup Agung Makassar Mgr John Liku Ada` dan jemaat, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku sangat prihatin atas peristiwa teror bom tersebut.

"Kami sangat prihatin, dan sangat berduka cita. Tolong sampaikan kepada umat Bapak, agar mereka jangan takut. Bapak tidak sendiri. Umat Katolik tidak sendiri. Kami bersama Bapak dan seluruh umat Katolik," kata Gus Yaqut, sapaan akrabnya.

"Saya pasti akan sampaikan kepada umat," sahut Mgr John Liku Ada`. 

Dalam pertemuan tersebut Mgr John Liku Ada` menceritakan kepada Menag peristiwa ledakan bom bunuh diri yang terjadi pada Minggu, 28 Maret 2021. "Kami bersyukur peristiwa tersebut tidak terjadi saat banyak jemaat. Mereka yang mengikuti misa kedua sudah banyak yang pulang, sedangkan yang akan ikut misa ketiga belum banyak yang datang," tutur Mgr John Liku Ada`. 

Tragedi bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar ini, menurut Mgr John Liku Ada`, sebelumnya berusaha digagalkan penjaga gereja. "Kalau tidak ada penjaga itu, tidak tahu apa yang terjadi. Puji Tuhan, penjaga itu tidak kehilangan nyawanya. Dia hanya mengalami luka bakar. Tapi bisa segera sembuh," imbuhnya. 

Di akhir pertemuan, Menag juga berpesan agar Uskup Agung Makassar menjaga kondisi kesehatan fisik agar tetap bisa melakukan pembinaan pada umat. "Bapak Uskup juga harus selalu sehat. Umat selalu membutuhkan Bapak. Saya selalu berdoa Bapak agar selalu dilindungi oleh Tuhan," ujar Menag.

TAG : Gus Yaqut , Menag

Berita Terkait :