Di Forum SOMRDPE, Taufik Madjid Paparkan SDGs Desa

M. Isa | Jum'at, 26/03/2021 16:40 WIB
Di Forum SOMRDPE, Taufik Madjid Paparkan SDGs Desa Sekjend Kemendesa PDTT Taufik Madjid (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Sekjend Kemendes PDTT), Taufik Madjid menghadiri gelaran 17th ASEAN`s Senior Official Meeting on Rural Development and Poverty Education (SOMRDPE) secara virtual, Jumat 26 Maret 2021.

Dalam kesempatan itu, Sekjend Taufik Madjid berbagi pengalaman terkait upaya Indonesia dalam mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) Desa tahun 2030.

“Melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Indonesia telah meluncurkan SDGs Desa dalam upaya melokalkan SDGs 2030 ke tingkat desa,” jelasnya.
 
Menurut Taufik, program SDGs Desa dilakukan untuk menyederhanakan tujuan, melokalisasi pelaksanaan di desa dan menyesuaikan ketentuan tujuan SDGs agar lebih konkret, sederhana dan layak. Penyederhanaan tujuan SDGs Desa tersebut seperti halnya  desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa yang sehat dan sejahtera, pendidikan desa yang berkualitas, partisipasi perempuan desa, dan sebagainya.
 
“Satu hal yang patut dicatat adalah tujuan ke-18 dari SDGs Desa: “Kelembagaan Desa yang Dinamis dan Budaya Desa yang Adaptif”, berupaya melestarikan sejarah, budaya, dan kelembagaan asli desa-desa di Indonesia. Begitulah cara grand narrative pembangunan disampaikan ke dalam konteks sekecil desa,” tuturnya.

Berita Terkait :