PUPR Lanjutkan Penataan Kawasan Kumuh Sakaip-Sambaiyan Pringsewu

M. Isa | Kamis, 25/03/2021 22:19 WIB
PUPR Lanjutkan Penataan Kawasan Kumuh Sakaip-Sambaiyan Pringsewu Kementerian PUPR melanjutkan penataan kawasan kumuh di Kabupaten Pringsewu, Lampung (foto: pugoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penataan kawasan kumuh Sakai-Sambaiyan, Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung melalui National Slum Upgrading Program (NSUP).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Program Kota Tanpa Kumuh merupakan wujud kolaborasi antara Kementerian PUPR dan Pemda dalam mendorong dan memberdayakan masyarakat/warga setempat sebagai pelaku pembangunan, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya.

"Penataan kawasan kumuh Sakai-Sambaiyan mencakup lima lokasi yakni di Pringsewu Barat, Pringsewu Selatan, Pringsewu Utara, Podomoro, dan Sidoharjo dengan anggaran 2020-2021 sebesar Rp 25,83 miliar," kata Menteri Basuki dalam keterangan persnya, Kamis 25 Maret 2021.

Untuk pekerjaannya sendiri, jelas Menteri Basuki, dilakukan kegiatan berupa pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS 3R), TPS Terpadu (TPST), Sumur Bor, pekerjaan lansekap dan utilitas, pembangunan jalan beton, talud dan gorong-gorong. 

"Pada Januari 2021 lalu telah diresmikan tiga TPS3R yang berada di tiga kelurahan, yaitu di Kelurahan Pringsewu Barat, Pringsewu Utara dan Pringsewu Selatan oleh Bupati Pringsewu Sujadi," jelasnya.