Jaga Persaudaraan, Gus Yaqut Ajak Amalkan Nilai Alquran

M. Isa | Kamis, 25/03/2021 19:27 WIB
 Jaga Persaudaraan, Gus Yaqut Ajak Amalkan Nilai Alquran Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menutup gelaran Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Hadits (MHQH) Amir Sultan bin Abdul Aziz Alu Su`ud Tingkat Nasional ke-13 melalui virtual, Kamis 25 Maret 2021.

Dalam Kesempatan itu, Gus Yaqut sapaan akrabnya, mengajak kaum muslimin untuk menjadikan Al-Quran dan Hadis sebagai pedoman dan menciptakan kehidupan yang harmonis dalam konteks kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk.

"Bagaimana kita hidup dalam perbedaan baik agama, keyakinan maupun bangsa, hendaknya kita selalu mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadis dengan senantiasa menjaga persaudaraan dan respek kepada pihak lain," kata Gus Yaqut.

Menurutnya, perbedaan adalah sunnatullah, keniscayaan, yang perlu disikapi secara matang. Perbedaan perlu dijadikan sebagai kekuatan untuk membangun kerjasama dengan banyak pihak. 

"Mari kita wujudkan dan wariskan kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara dengan mengacu pada upaya pembangunan peradaban dan berorientasi masa depan. Kita semua yakin dengan Al-Qur’an dan Hadis. Kita akan mampu beradaptasi dengan setiap perubahan yang terjadi,” tuturnya. 

“Jangan jadikan alasan kecintaan kepada Al-Qur’an dan Hadis justru menjadikan terpenjara oleh sikap dan prilaku sempit, yakni merasa paling benar sendiri dan mudah menyalahkan orang lain. Al-Qur’an dan Hadis adalah jalan terang yang menekankan kita untuk memikirkan masa depan yang cerah, lebih dinamis, dan optimis," sambungnya.

Indonesia dan Arab Saudi, katanya, merupakan bangsa besar yang mampu berjalan dan seiring menjunjung tinggi nilai-nilai Universal Islam, "Bangsa yang besar dan maju adalah bangsa yang selalu berfikir dalam tiga dimesi, yaitu: masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang," ungkpanya. 

TAG : Gus Yaqut , Menag