Kemenag Mulai Gelar TOT Moderasi Beragama

M. Isa | Rabu, 24/03/2021 21:28 WIB
Kemenag Mulai Gelar TOT Moderasi Beragama Gedung Kementerian Agama (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan (Pusdiklat Teknis dan Keagamaan) mulai menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) Moderasi Beragama di Medan, Rabu 24 Maret 2021.

"Pusdiklat sengaja melaksanakan TOT ini agar para peserta sesampainya di tempat kerja masing-masing bisa menyampaikan materi ini secara langsung. Baik di lingkungan pendidikan, kantor Kemenag Kab/Kota, KUA, maupun masyarakat," ungkap Kepala Pusdiklat Teknis dan Keagamaan Imam Syafei dalam keterangan persnya.

Menurutnya, pelatihan Fasilitator Moderasi Beragama angkatan pertama ini diikuti 40 peserta yang terdiri dari Kepala Bidang pada Kanwil dan Kepala Kankemenag se-Sumatera Utara.

Lebih lanjut Imam Syafei menjelaskan pelatihan bagi fasilitator ini penting diberikan kepada ASN Kemenag, mengingat Moderasi Beragama telah masuk ke dalam RPJMN 2020-2024. 

"Sebagai leading sector Moderasi Beragama, nantinya Kemenag berkewajiban untuk menyampaikan materi ini kepada Kementerian/Lembaga lain. Karenanya Kementerian Agama harus memulai terlebih dahulu, terutama untuk ASN," katanya.