Kemenag Salurkan Bantuan Operasional Rp15 M ke Masjid Istiqlal

M. Isa | Rabu, 24/03/2021 15:04 WIB
Kemenag Salurkan Bantuan Operasional Rp15 M ke Masjid Istiqlal Penandatanganan surat perjanjian kerjasama antara Direktur Urais Binsyar Kemenag Mo. Agus Salim dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) menyalurkan bantuan operasional senilai 15 miliar rupiah kepada Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), di VIP Room Masji Istiqlal, Jakarta, Rabu 24 Maret 2021.

Penyerahan bantuan ini ditandai dengan penandatanganan surat perjanjian kerjasama antara Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag Moh. Agus Salim dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

"Bantuan operasional ini akan diberikan dalam tiga tahap. Tahap pertama senilai 6 miliar rupiah, tahap kedua dan ketiga masing-masing senilai 4,5 miliar rupiah," jelas Agus Salim.

Agus Salim mengatakan, meskipun adanya optimalisasi anggaran, pihaknya berkomitmen untuk tidak mengurangi nominal bantuan operasional tahun 2021 kepada Masjid Istiqlal yang diberikan secara bertahap setiap tahunnya.

"Kedepannya kami akan sering berkunjung ke sini, seperti yang disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal, Bapak Nasaruddin banyak hal yang akan disinergikan, khususnya terkait dengan moderasi beragama," ungkapnya.

Sementara Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyampaikan ada 46 program unggulan di tahun 2021 yang akan disinergikan dengan Kemenag. Di antaranya ada yang terkait langsung dengan bidang Direktorat Urais Binsyar.

“Pertama yaitu pembinaan umat dan keluarga muslim, karena saat ini perceraian semakin banyak. Kemudian program pendidikan kader ulama perempuan," ungkap Nasaruddin Umar. 

"Ke depannya akan lebih banyak mengajak pak Direktur untuk ke Istiqlal ini, apalagi kedepannya Istiqlal diminta menjadi payung dari seluruh masjid yang ada di tingkat kelurahan desa," tambahnya..


Berita Terkait :