Presiden Jokowi Resmikan Bandara Kuabang Halmahera Utara

M. Isa | Rabu, 24/03/2021 14:28 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Bandara Kuabang Halmahera Utara Presiden Joko Widodo meresmikan bandara Kuabang Halmahera Utara (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal Bandar Udara (Bandara) Kuabang yang terletak di Desa Jati, Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Rabu 24 Mret 2021.

“Saya sangat menyambut baik, alhamdulillah terminal penumpang di Bandara Kuabang ini telah siap dipergunakan untuk mendukung aktivitas masyarakat di Kabupaten Halmahera Utara dan sekitarnya,” ujar Presiden Jokowi.

 

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terminal penumpang Bandara Kuabang yang dibangun dengan anggaran APBN sekitar Rp50,82 miliar ini memiliki luas 3.500 meter persegi dan dapat menampung hingga 160 ribu penumpang per tahun.

Bandara Kuabang sendiri memiliki landasan sepanjang 2.400 x 30 meter, landasan hubung (taxiway) 100 x 23 meter, landasan parkir (apron) 157 x 72 meter, dan mampu menampung sebanyak 3 pesawat jenis ATR dan 1 pesawat boeing.

Dengan adanya bandara ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memicu perekonomian daerah sekitar. “Kita harapkan nanti akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di sekitar bandara ini,” harapnya.


Berita Terkait :