Cegah Narkoba di Desa, Kemendes PDTT dan BNN Bikin Program BERSINAR

M. Isa | Selasa, 23/03/2021 22:33 WIB
Cegah Narkoba di Desa, Kemendes PDTT dan BNN Bikin Program BERSINAR Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus berupaya untuk melakukan pencegahan penggunaan narkoba di desa-desa seluruh Indonesia melalui program Desa bersih dari narkoba (Bersinar). 

Menurut Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri, program Bersinar diharapkan mampu untuk menyukseskan misi besar yakni melakukan pencegahan penggunaan narkoba.

"Program Desa Bersinar sendiri saat ini sudah diujicoba di Kabupaten Cianjur sebagai pilot project," kata Gus Menteri, dalam keterangan persnya, Selasa 23 Maret 2021.

Saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi pilot project Desa Bersinar di Cianjur bersama Kepala BNN RI, Petrus R Golose, Gus Menteri menyampaikan pencegahan narkoba di desa tidak bisa dilakukan sendiri, harus dilakukan bersama-sama. Mulai dari pemerintah, tokoh agama, tokoh adat bahkan warga masyarakat itu sendiri.

“Jadi, di mana pun kita berada, ketika bicara tentang desa bersih dari narkoba itu menjadi tanggung jawab semua pihak,” jelas Gus Menteri.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala BNN RI Petrus Golose mengatakan, program desa bersinar merupakan cara untuk mewujudkan Indonesia bersinar. 

“Saya mengucapkan terima kasih yang luar biasa kepada Menteri Desa PDTT yang amat sangat luar biasa membantu dalam kaitannya dengan program ini (Desa Bersinar), sehingga desa bisa bebas dari narkoba. Desa bersinar, Indonesia bersinar," katanya.