Ratna Juwita Apresiasi Kementerian ESDM Perbanyak PLTS di Pesantren

Rahmad Novandri | Selasa, 23/03/2021 21:03 WIB
Ratna Juwita Apresiasi Kementerian ESDM Perbanyak PLTS di Pesantren Ratna Juwita Sari (Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari mengapresiasi program Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang diberikan untuk Pesantren di Indonesia. Menurutnya, program ini sangat bagus untuk membantu pesantren yang selama ini berkembang secara mandiri.

"Saya sangat senang terkait pencapaian program PLTS terutama yang diberikan untuk pesantren-pesantren. Seluruh Indonesia ada 27.722 pesantren dan total santri di pesantren mencapai 5 jutaan. Jadi, jika Kementerian ESDM konsen untuk mengembangkan PLTS rooftop di lingkungan pesantren, saya yakin bisa ikut meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan dengan sangat signifikan," kata Ratna saat rapat kerja Komisi VII dengan Menteri ESDM, Selasa, 23 Maret 2021.

Sehingga, lanjutnya, target Kementerian ESDM untuk membantu pesantren akan terasa nyata manfaatnya baik bagi pengelola maupun masyarakat secara umum. Selain itu, Kementerian ESDM juga bisa meningkatkan penggunaan bauran energi baru terbarukan di Indonesia.

"Jadi syi`ar Kementerian ESDM untuk bisa meningkatkan penggunaan bauran energi baru terbarukan itu terasa. Karena selama ini pesantren itu rata-rata lillahi ta`ala dan tidak menarik iuran dari santrinya. Tentu apa yang bapak sumbangkan kepada pesantren-pesantren tersebut akan nyata dirasakan manfaatnya dari pengelola pesantren juga masyarakat secara umum," ujar politisi Fraksi PKB itu.