Jika Mudik Lebaran Diperbolehkan, Ini Usulan Wamendes Budi Arie

M. Isa | Senin, 22/03/2021 22:31 WIB
Jika Mudik Lebaran Diperbolehkan, Ini Usulan Wamendes Budi Arie Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi (foto: Kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigras Budi Arie Setiadi mengingatkan kepada masyarakat di desa untuk memiliki kesiapan dalam mengantisipasi soal arus mudik 2021 atau mudik lebaran yang wacananya akan diperbolehkan.

Menurut Budi Arie, kesiapan warga itu sangat penting karena dirinya khawatir virus Covid-19 bisa menyebar masuk ke desa-desa melalui para pemudik.

"Belum bisa dipastikan apakah seluruh pemudik itu nantinya sudah divaksin. Ini juga nantinya berpotensi menumbuhkan dampak covid. Karena itu, menurut hemat kami harus dikaji secara serius terkait wacana mudik," kata Wamendes Budi Arie saat menjadi narasumber di Stasiun RRI, Jakarta, Senin 22 Maret 2021.

Untuk itu, Wamendes mengusulkan beberapa alternatif terkait wacana mudik yang diperbolehkan ditengah pandemi covid-19 seperti pemudik harus divaksin terlebih dahulu atau mentaati protokol kesehatan yang ketat.

"Saya usulkan yang boleh mudik yang sudah divaksin atau protokol kesehatannya sangat ketat ditambah dengan swab tes sebelum mudik. Sehingga orang-orang yang bepergian dari kota ke desa bisa sehat dan melindungi warga desa lainnya. Pada kondisi pandemi ini, kita harus menyadari ancamannya besar kalau kita tidak melakukan prokes secara ketat," katanya.

"Saya mengharapkan pemudik itu sebisa mungkin yang sudah divaksin. Kalaupun vaksinasi belum menyentuh pemudik, agar diterapkan prokes secara ketat ditambah swab test," sambungnya.