Menteri Ida Fauziyah: Kami Kehilangan Bang Muchtar sebagai Pejuang Hak-hak Buruh

M. Isa | Senin, 22/03/2021 21:48 WIB
Menteri Ida Fauziyah: Kami Kehilangan Bang Muchtar sebagai Pejuang Hak-hak Buruh Menaker Ida menyampaikan bela sungkawa atas berpulangnya Muchtar Pakpahan (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, menyampaikan bela sungkawa atas berpulangnya Muchtar Pakpahan. Dalam kenangannya, Muchtar Pakpahan adalah seorang pejuang hak-hak buruh.

“Turut berduka cita atas berpulangnya seorang aktivis buruh, akademisi, dan pegiat sosial, Bang Muchtar Pakpahan. Kabar duka ini tentu adalah kabar duka juga bagi dunia ketenagakerjaan kita,” kata Menaker Ida saat bertakziah ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Senin 22 Maret 2021.

Menaker Ida mengatakan, Muchtar Pakpahan adalah sosok yang sangat totalitas dalam memperjuangkan hak-hak buruh. Hal tersebut terlihat dari caranya memperjuangkan dari jalur akademik, keorganisasian SP/SB, bahkan melalui jalur politik.

Dengan begitu banyaknya sepak terjangnya, Menaker Ida menilai bahwa perjuangan Muchtar Pakpahan telah memberi warna bagi dunia ketenagakerjaan Indonesia.

“Kami kehilangan Bang Muchtar sebagai pejuang hak-hak buruh, telah berkorban banyak. Sekarang waktunya untuk istirahat, dan kami teruskan apa-apa yang sudah dimulai Bang Muchtar. Mudah-mudahan kami bisa selesaikan dengan sempurna,” katanya.

Menaker Ida berharap masyarakat mampu belajar dari jejak perjuangan Muchtar Pakpahan, baik dari sisi gagasan maupun sepak terjangnya, “Semoga apa yang beliau perjuangkan, segala amal baik beliau, diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dan semoga, apa yang telah perjuangkan menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu memperjuangkan perkembangan dunia ketenagakerjaan menjadi lebih baik,” katanya.

Diketahui, pendiri sekaligus Ketua Umum DPP Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) periode 1992-2003 itu meninggal dunia di RS Siloam Semanggi, Jakarta, Minggu 21 Maret 2021 pada pukul 22.30 WIB.