Tingkatkan Kompetensi, Kemenag Lakukan Pendampingan Terhadap Ustad Ponpes Salafiyah

M. Isa | Kamis, 18/03/2021 22:09 WIB
Tingkatkan Kompetensi, Kemenag Lakukan Pendampingan Terhadap Ustad Ponpes Salafiyah Kemenag melakukan pendampingan ustadz di Ponpes Salafiyah di Tangerang (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan pendampingan terhadap para ustadz pendidikan kesetaraan di Pondok Pesantren Salafiyah di Tangerang, Banten, Kamis 18 Maret 2021.

Dalam kesempatan itu, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren), Kemenag, Waryono Abdul Ghafur mengatakan program ini penting dalam rangka penguatan mutu pendidikan kesetaraan di Pondok Pesantren Salafiyah. 

“Kami adakan kegiatan ini sebagai upaya peningkatan kompetensi ustadz di lingkungan pesantren, utamanya pada aspek penyelenggara pendidikan kesetaraan," kata Waryono dalam keterangan persnya.

Menurutnya, ada empat fukus peningkatan kompetensi, yaitu: pemahaman dan pelaksanaan Kurikulum 13, Merdeka Belajar, Numerasi, dan Literasi Pembelajaran. “Ke depan harus ada profiling pesantren penyelenggara pendidikan kesetaraan agar dapat diketahui local wisdom dan local experience di masing-masing wilayah," ujarnya.

"Dengan ikhtiar ini, kami berharap pesantren di Indonesia bisa merespon perubahan zaman, khususnya digitalisasi dalam kegiatan belajar mengajar," sambungnya.