Kemenag Terima Bantuan 500 Ribu Buku dari Perpusnas

M. Isa | Kamis, 18/03/2021 15:26 WIB
Kemenag Terima Bantuan 500 Ribu Buku dari Perpusnas Kementerian Agama (Kemenag) menerima bantuan 500 ribu buku dari Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas). foto: kemenag

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) menerima bantuan 500 ribu buku dari Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas). Buku dengan berbagai genre dan tema ini akan didistribusikan kepada unit-unit pendidikan binaan Kemenag, seperti Madrasah dan Pondok Pesantren.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani mengapresiasi Perpusna yang memiliki perhatian kepada para pelajar Islam.

"Buku adalah jendela ilmu dan dunia. Kami menyampaikan terima kasih kepada Perpusnas atas bantuan yang tak ternilai ini," kataMuhammad Ali Ramdhani usai serah terima hibah buku secara simbolis di gedung Perpusnas, Rabu 17 Maret 2021 kemarin.

Dhani sapaan akrabnya mengatakan, Kemenag saat ini tengah mengampanyekan moderasi beragama melalui lembaga pendidikan keagamaan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan pemahaman keagamaan secara luas kepada peserta didik.

Buku bacaan, lanjut Dhani, akan sangat mendukung program ini sebagai sarana membuka wawasan pemikiran mereka, "Beragama tanpa pemahaman literasi yang kuat mungkin saja akan tersesat pada ruang ekstrimisme, kiri maupun kanan," katanya.

Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando menyambut baik ide tersebut. Syarif mengatakan, untuk tahap awal pihaknya akan memfasilitasi para guru madrasah untuk dapat mengakses perpustakaan digital milik perpusnas dengan mudah. 

“Untuk pendataan dan teknisnya akan dibicarakan lebih lanjut, dan akan dituangkan dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB),” tambah Syarif.

Bantuan buku merupakan salah satu program tahunan Perpusnas dalam rangka meningkatkan akses literasi seluruh warga negara. Bantuan diberikan kepada instansi pemerintah melalui kerjasama antarlembaga maupun pihak swasta yang mengajukan proposal.

TAG : Gus Yaqut , Menag

Berita Terkait :