RI Bahas Peluang Kerjasama Pariwisata dengan India

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 18/03/2021 11:50 WIB
RI Bahas Peluang Kerjasama Pariwisata dengan India Sektor Pariwisata (Foto: Digination. ID)
 
RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, membahas potensi kerjasama pariwisata dan ekonomi kreatif dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti. 
 
Dalam pertemuannya, Sandiaga memaparkan peluang investasi dan perdagangan dalam lingkup pariwisata dan ekonomi kreatif. Termasuk tentang adaptasi teknologi guna memperkuat dan menciptakan peluang dalam sektor parekraf tanah air, khususnya dalam penguatan desa wisata yang menjadi salah satu program andalan dari Kemenparekraf/Baparekraf.
 
"Hubungan antara India dan Indonesia harus diperkuat demi kemajuan kedua bangsa. Harapan kami peningkatan hubungan bilateral ini bisa membangkitkan semangat, menebar harapan, dan membuka peluang lagi bagi Bali untuk bangkit dan Indonesia dalam pemulihan ekonomi," kata Sandiaga Uno dalam keterangan resminya, Kamis 18 Maret 2021.
 
 
Menparekraf menilai dengan adanya penguatan testing, tracing, and treatment, dan tahapan-tahapan yang sudah disiapkan tentu akan meningkatkan kepercayaan diri wisatawan India untuk memulai penerbangan langsung melalui konsep travel corridor arrangement," kata Sandiaga.
 
Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti, mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas pertemuan dan rencana kerja sama yang akan dilakukan Indonesia dan India ke depan. Khususnya dalam meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif antara kedua negara.
 
"Kami berharap kerja sama nanti akan berjalan sukses dan membawa kembali ekonomi Bali yang bertumpu pada sektor pariwisata. Kami juga bicara tentang investasi di berbagai area seperti ekonomi digital dimana kami berharap dari sini bisa mendapatkan peran yang besar," kata Dubes Manoj.
 
Sebagai informasi, jumlah kunjungan wisatawan asal India ke Bali setiap tahunnya terus meningkat. Data BPS Bali menunjukkan, tahun 2017 sebesar 264.516 wisatawan, tahun 2018 sebesar 353.894 wisatawan, dan di tahun 2019 sebesar 374.043 wisatawan.
 
 
 

Berita Terkait :