Tegas! Jokowi Tolak Usulan Jabatan Presiden 3 Periode

M. Isa | Senin, 15/03/2021 20:50 WIB
Tegas! Jokowi Tolak Usulan Jabatan Presiden 3 Periode Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dirinya tak berniat menjadi presiden tiga periode sebagaimana isu yang berkembang beberapa hari ini. 

"Saya menjadi presiden melalui pemilihan langsung oleh rakyat Indonesia berdasarkan konstitusi. Karena itu, pemerintahan ini juga berjalan tegak lurus dengan konstitusi," kata Presiden Jokowi dikutip laman facebooknya, Senin 15 Maret 2021.
 
Sikap Presiden Jokowi tak berubah terhadap konstitusi yang mengatur masa jabatan presiden selama dua periode, "Dan sikap saya terhadap konstitusi yang membatasi masa jabatan presiden hanya dua periode tidak berubah sampai detik ini. Saya sama sekali tidak memiliki niat, juga tidak berminat, untuk menjadi presiden tiga periode," tambahnya.
 
"Undang-Undang Dasar 1945 telah mengatur masa jabatan presiden paling lama dua periode. Mari kita patuhi bersama," ajaknya.
 
Untuk itu, Presiden Jokowi meminta kepada semua pihak agar tak membuat kegaduhan baru, "Bolak-balik, sikap saya tidak berubah. Jangan membuat kegaduhan baru, kita saat ini tengah fokus pada penanganan pandemi," tegasnya lagi.