Libatkan Petani Milenial, Komisi IV DPR Apresiasi Kementan

M. Isa | Senin, 15/03/2021 16:34 WIB
Libatkan Petani Milenial, Komisi IV DPR Apresiasi Kementan Petani Jagung siap panen (doc. istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IV DPR RI, Endang S. Thohari memberikan apresiasi pada Kementerian Pertanian (Kementan), khususnya Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) atas pendampingan kepada petani milenial dan pengelola Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Endang berharap, ke depannya produktivitas pertanian di Kabupaten Cianjur di masa pandemi Covid-19 ini dapat meningkat kembali. “Sektor yang tidak terpengaruh oleh pandemi covid-19 hanyalah sektor pertanian sehingga harus tetap dijaga produktivitasnya,” ungkap Endang di Desa Cibarengkok, Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dalam keterangan persny, Senin 15 Maret 2021.

Seperti diketahui, puluhan Kelompok Tani di Kabupaten Cianjur, khusunya para petani  yang mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pengoperasian, perawatan dan troubleshooting alsintan.

Bimtek alsintan ini sendiri merupakan Program Padat Karya Kementerian Pertanian yang menjadi salah satu program prioritas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) guna meningkatkan produktivitas sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi di pedesaan.

“Pemerintah melalui Kementan telah melakukan pengadaan program bantuan alsintan. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian bahwa untuk menuju pertanian yang maju, mandiri dan moderen perlu dukungan mekanisasi pertanian, sehingga perlu untuk mempercepat penggunaan mekanisasi pertanian di daerah," ucap Endang.