Dinkes Bengkulu: Sebagian Besar Wilayahnya Berzona Risiko Rendah

M. Isa | Jum'at, 12/03/2021 20:40 WIB
Dinkes Bengkulu: Sebagian Besar Wilayahnya Berzona Risiko Rendah ilustrasi (Credit: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu melaksanakan vaksinasi massal bagi petugas publik pada Kamis (11/3). Target sebanyak 1.000 orang yang akan disuntik dalam waktu sehari.

Vaksinasi dilakukan di Poltekkes Bengkulu dengan melibatkan tenaga kesehatan dari fasilitas kesehatan setempat. Adapun tenaga kesehatan yang dilibatkan oleh Dinkes Bengkulu yakni dari Poltekkes Bengkulu, RS M. Yunus, RS Tiara Sella, RS Ummi, RSKJ Soeprapto, dan Klinik Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan kasus COVID-19 di wilayahnya terjadi secara dinamis. Namun saat ini sebagian besar kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu berada pada zona risiko penularan COVID-19 yang rendah.

Kejadian kasus COVID-19 terjadi secara dinamis bahkan sampai tahun 2020 kejadian kasus trendnya selalu meningkat bahkan puncaknya terjadi pada bulan Desember tahun 2020. Namun, Herwan mengaku, berkat petunjuk dari Satgas COVID-19 pusat dan arahan yang disampaikan menteri kesehatan pandemi COVID-19 di Bengkulu bisa diatasi bertahap.

“Ada 9 kabupaten dan 1 kota di Bengkulu. 70% kabupaten/kota kita berada pada zona risiko rendah atau warna hijau, 30% nya berada pada resiko sedang atau warna kuning,” kata Herwan Antoni dalam siaran pers kemkesgoid, Jumat 12 Maret 2021.

Jumlah kasus yang ada di provinsi Bengkulu pada Januari hingga tanggal 10 Maret 2021 sebanyak 5.081 kasus dengan tingkat kesembuhan di atas angka nasional. Selain itu tingkat kematian cenderung menurun kemudian kasus aktif berada di bawah angka nasional dan kasus harian saat ini cukup landai.


Berita Terkait :