Penyebaran Covid-19 Menurun, Gus Nabil Harap Warga Makin Sadar dengan Kesehatan

M. Isa | Jum'at, 12/03/2021 20:01 WIB
Penyebaran Covid-19 Menurun, Gus Nabil Harap Warga Makin Sadar dengan Kesehatan Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen (foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen menganggap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Covid-19 berdampak pada penurunan kasus Covid-19 di Indonesia.

"Jelas sekali PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat skala mikro) berpengaruh pada penurunan Covid-19. Tapi, jangan lupa juga ada faktor-faktor lain, misal semakin banyaknya warga yang sadar kesehatan, pakai masker, menaati protokol kesehatan, dan hal-hal lain yang membantu penanganan pandemi," ujar Gus Nabil dalam keterangan persnya, Jumat 12 Maret 2021.

Gus Nabil menuturkan, dalam konteks pendekatan sosial, dalam menjalankan program vaksinasi, pemerintah dengan serius telah menggandeng organisasi masyarakat (Ormas) seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, serta ormas-ormas sosial yang memiliki komitmen kuat dalam memperlancar proses vaksinasi.

Dengan begitu, Nabil optimis vaksinasi bisa dipercepat. Dia berpendapat, manajemen data sekaligus juga infrastruktur kesehatan dan sumber daya manusia (SDM) perlu dikuatkan. Menurutnya, masyarakat bisa melihat hasil dari kebijakan pemerintah baik untuk mengatasi krisis kesehatan maupun ekonomi.

"Kita harus optimistis bisa melampaui pandemi ini," pungkasnya.

Ketua Umum Pagar Nusa itu juga meminta  warga untuk saling bantu untuk menguatkan diri, menahan diri untuk tidak bepergian, kecuali hal penting. Juga menguatkan solidaritas sosial antar warga.

"Semua itu, akan jadi kunci untuk penanganan pandemi," tambah kader muda Nahdlatul Ulama itu.


Berita Terkait :