Dapat Hibah Tanah 10 Hektare, Kemenag Siap Bangun IAIN Bima

M. Isa | Jum'at, 12/03/2021 18:08 WIB
Dapat Hibah Tanah 10 Hektare, Kemenag Siap Bangun IAIN Bima Menag Yaqut Cholil Qoumas saat melakukan kunjungan ke Kota Bima, NTB (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kota Bima menyerahkan hibah lahan seluas 10 Hektare kepada Kementerian Agama (Kemenag) Bima. Penyerahan lahan itu disaksikan oleh langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan, lahan tersebut akan digunakan untuk pembangunan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Bima. 

"Insya Allah lahan 10 hektare ini kami terima. Dalam waktu secepatnya, kita akan dirikan IAIN Bima," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kemenag Kota Bima, NTB, Jum`at 12 Maret 2021.

Menurut Gus Yaqut, sapaan akrabnya, lahirnya IAIN di Kota Bima akan ikut berperan dalam penguatan moderasi beragama di Bima. Ia juga berharap para guru besar dan doktor yang ada di Bima turut mengembangkan kampus dalam membangun SDM masyarakat yang lebih baik.

"Kita sama-sama besarkan IAIN Bima. Dari sisi sosiologis, harus terwujud IAIN Bima," tambahnya.

Dalam kesempatan itu juga, Gus Yaqut mengapresiasi komitmen dan perhatian Walikota Bima Muhammad Lutfi terhadap perkembangan pendidikan keagamaan masyarakat Bima. Gus Menag mengajak para akademisi, utamanya putra daerah, mau berkumpul membangun IAIN Bima.

"Tradisi keilmuan masyarakat Kota Bima, tinggi. IAIN yang akan didirikan ini bisa menjadi cikal bakal UIN nantinya di Kota Bima. Saya minta dalam perkembangannya, secepatnya menjadi UIN," kata Gus Yaqut sapaan akrabnya.