Menaker Ida Resmi Buka Pelatihan Kerja di Solo

Rahmad Novandri | Kamis, 11/03/2021 12:28 WIB
Menaker Ida Resmi Buka Pelatihan Kerja di Solo Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah membuka secara resmi Pelatihan Kerja di Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/3). (Foto: twitter @KemnakerRI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah membuka secara resmi Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Angkatan I di Balai Latihan Kerja (BLK) Surakarta, Jawa Tengah, Rabu, 10 Maret 2021. Peresmian tersebut turut didampingi Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Dalam sambutannya, Menaker Ida menegaskan bahwa BLK harus menjadi titik kumpul antara kebutuhan industri dan dunia usaha. Diungkapkannya, BLK juga harus menjadi rumah yang nyaman bagi kepentingan dunia industri dan dunia usaha.

Menurut Ida, sinergi antara BLK dan dunia usaha sangat penting karena satu dan yang lain memiliki kepentingan yang saling mendukung.

"Kita butuh dunia industri agar para alumni, peserta pelatihan ini bisa ditempatkan di dunia industri atau dunia usaha. Dunia usaha, dunia industri butuh kita untuk kompetensinya," kata Ida seperti dilansir dari kemnaker.go.id, Kamis, 11 Maret 2021.

Disampaikan Menaker, pihaknya tidak menginginkan BLK dengan berbagai penyelenggaraan pelatihannya hanya melahirkan pengangguran baru. Hal itu berkaca pada banyaknya pengangguran yang didominasi lulusan perguruan tinggi.

"Saya tidak ingin BLK menyumbangkan pengangguran baru. Oleh karena itu betapa pentingnya mendekatkan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri," ujarnya.

Untuk menjawab tantangan tersebut, ia meminta BLK agar menjalankan agenda 6R dengan baik. 6R yang dimaksud, yakni reformasi kelembagaan, redesain substansi pelatihan, revolusi SDM, reviltasisasi fasilitas dan sarana prasarana, rebranding BLK, dan relationship.

"Mau tidak mau kita harus berubah mengikuti kebutuhan masyarakat dan kebutuhan industri," ucapnya.

Pada kesempatan ini, selain membuka PBK I, Menaker Ida bersama Wali Kota Solo, Gibran juga menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kemnaker dengan 15 lembaga dan perusahaan, serta meresmikan Lobby dan Talent Corner BLK surakarta.