Peringati Hari Perempuan Internasional, Luluk Nur Hamidah Serukan Peduli Lingkungan

Rahmad Novandri | Selasa, 09/03/2021 23:36 WIB
Peringati Hari Perempuan Internasional, Luluk Nur Hamidah Serukan Peduli Lingkungan Luluk Nur Hamidah (Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Peran perempuan untuk menggerakkan perubahan sangatlah penting. Khususnya dalam gerakan penyelamatan lingkungan. Bukan hanya menggerakan sebuah gerakan perubahan, namun juga menjadi pemimpin, mulai keluarga, komunitas, kota/kabupaten, hingga tingkat nasional dan politisi.

Demikian disampaikan Anggota Komisi IV DPR RI, Luluk Nur Hamidah saat diskusi dengan change.org bersama komunitas She Creates Change (SCC) di Jakarta, Selasa, 9 Maret 2021. Sekjend Kaukus Perempuan Parlemen ini menegaskan, di sinilah kekuatan sebagai perempuan terus digunakan untuk memperjuangkan hak rakyat atas lingkungan, dan mengajak orang untuk hidup lestari. Tentunya ini dilakukan agar tetap tercipta lingkungan dan bumi yang damai dan berkelanjutan.

“Peranan perempuan Indonesia sangat strategis. perempuan itu menjalankan kehidupan yang penuh tanggung jawab domestik. Nah perempuan akhirnya memiliki hubungan yang sangat dekat. Misalnya produksi sampah, reproduksi sampah. Dan ini kalau tidak di manage dengan baik ini bisa menjadi permasalahan yang serius. Menggerakan perempuan di berbagai sektor menjadi sangat penting, dari komunitas bawah sampai atas, juga yang di parlemen. Ini menjadi salah satu upaya perempuan untuk mengambil peran kepemimpinan dalam perubahan,” jelas anggota Fraksi PKB Dapil IV Jawa Tengah ini.

Diskusi ini turut dihadiri para pemimpin perempuan, di antaranya Deputi Bidang Koordinasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI Nani Hendiarti dan Anggota Komisi VII DPR RI Membidangi Energi, Riset dan Teknologi, dan Lingkungan Hidup sekaligus merupakan Sekretaris Kaukus Ekonomi Hijau DPR RI Dyah Roro Esti.

Dalam kesempatan ini, tokoh-tokoh pemimpin dan pengambil keputusan perempuan berdialog bersama para Changemaker She Creates Change (SCC) Angkatan Pertama dan Kedua. Ini menjadi kesempatan yang signifikan bagi para perempuan untuk membangun solidaritas, menumbuhkan keyakinan para peserta bahwa kampanye yang diinisiasi dapat memberikan dampak positif, meningkatkan partisipasi perempuan di dalam berbagai dialog kebijakan, serta membangun ruang komunikasi langsung, transparan dan substansial dengan berbagai pengambil keputusan.