Tunggu Keputusan Arab Saudi, Kemenag Lakukan Persiapan Penyelenggaraan Haji 2021

M. Isa | Selasa, 09/03/2021 20:28 WIB
Tunggu Keputusan Arab Saudi, Kemenag Lakukan Persiapan Penyelenggaraan Haji 2021 Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas memastikan pihaknya terus melakukan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2021 mendatang. Penyiapan dokumen jemaah tetap dilakukan bertahap, pembahasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) juga mulai dilakukan dengan Komisi VIII DPR.

Sementara untuk kepastian penyelenggaraan Haji 2021 ini, Kemenag masih menunggu info dari pihak Pemerintah Arab Saudi. Namun, tim manajemen krisis yang dibentuk Menag pada akhir Desember 2020 juga terus bekerja mempersiapkan beragam skenario.

"Kepastian tunggu info resmi dari Saudi. Sampai hari ini, belum ada info resmi dari Saudi terkait kepastian penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M," tegas Gus Yaqut, sapaan akrabnya dalam keterangan persnya, Selasa 9 Maret 2021.

Disinggung tentang kabar bahwa Kementerian Kesehatan Saudi mensyaratkan vaksin bagi jemaah haji, Gus Menteri mengaku mendengar berita tersebut. Namun, Gus Menteri belum tahu apakah info tersebut bersifat internal Saudi atau juga untuk negara lain. Berita yang beredar itu juga tidak bisa dijadikan dasar karena belum ada surat atau pemberitahuan resmi dari Saudi.

"Dalam berita, kan, tidak ada penegasan syarat vaksin itu apakah untuk persiapan internal Saudi, ataukah juga merupakan pesan buat negara pengirim jemaah lainnya. Tidak ada keterangan tentang itu," tegas Menag.


Berita Terkait :