Sosialisasi 4 Pilar, Nihayatul Wafiroh Ajak Santri Tetap Produktif

Ahmad Zubaidi | Senin, 08/02/2021 16:21 WIB
Sosialisasi 4 Pilar, Nihayatul Wafiroh Ajak Santri Tetap Produktif Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh menggelar sosialisasi 4 pilar di Aula Akademi Komunitas Darussalam, Blokagung, Banyuwangi (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Nilai-nilai Pancasila harus terus digelorakan dan dipatri dalam diri para santri sebagai penjaga kebangsaan. Nasionalisme, toleransi, hingga sikap gotong royong seperti dimandatkan Pancasila harus terus lestari di benak setiap santri.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh saat menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bersama Yayasan Akademi Komunitas Darussalam di Blokagung, Banyuwangi, Senin, 8 Februari 2021.

Ninik mendorong para santri untuk tetap berkarya selama masa pandemi COVID-19. Menurutnya, walaupun semua serba terbatas, namun hal itu harus tetap dijalani agar generasi muda termasuk santri tetap produktif.

"Saya tegaskan jangan kalah dengan virus ini. Saya mendorong santri agar tetap dan terus berkarya demi masa depan yang cemerlang," kata Ninik.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyatakan, santri perlu menjadi ciri dan corak khas dalam bergaul dengan perubahan zaman. Serbuan berbagai macam kultur dan produk asing boleh saja masuk, namun kultur ala santri harus tetap lestari.

"Ajaran tentang toleransi, tenggang rasa, dan kegotongroyongan harus menjadi landasan pergaulan agar tidak terjadi inharmonisasi dalam kehidupan bermasyarakat," katanya.

Terkait dengan hal itu, Ninik mengatakan modal utama dari Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan adalah tercapainya rujukan yang baik bagi masyarakat dalam menghadapi segala bentuk perubahan.

Ia mengharapkan sosialisasi tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap cara pandang masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tak terkecuali kaum santri.

Untuk diketahui, acara ini diikuti oleh 150 peserta yang sebagian besar adalah kalangan santri Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi. Sosialisasi nampak begitu cair dan interaktif, di mana sejumlah peserta turut serta mengajukan pertanyaan maupun pendapat sesuai materi sosialisasi.