Presiden Jokowi Ingin Adanya Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi

M. Isa | Senin, 08/03/2021 17:37 WIB
Presiden Jokowi Ingin Adanya Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi Ilustrasi teknologi digital. (Foto: winstarlinkcom)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kerja Nasional Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Tahun 2021, di Istana Negara, Jakarta, 8 Maret 2021.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mendorong Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk menjadi otak pemulihan ekonomi nasional melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi.

“Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan BPPT agar bisa menjadi otak pemulihan ekonomi secara extraordinary. Pertama, BPPT harus berburu inovasi dan teknologi untuk dikembangkan dan dan siap diterapkan,” kata Presiden Jokowi.

Kedua, Presiden menekankan bahwa BPPT harus menjadi lembaga akuisisi teknologi maju. "Teknologi sekarang ini berjalan sangat cepat sekali dan teknologi yang kita butuhkan untuk pemulihan ekonomi nasional mungkin saja belum diproduksi di dalam negeri. Jadi strategi akuisisi teknologi dari luar negeri menjadi kunci percepatan pembangunan ekonomi kita,” tegasnya.

Ketiga, Presiden meminta agar BPPT menjadi pusat kecerdasan teknologi Indonesia. Saat ini, imbuhnya, dunia dihadapkan pada perang kecerdasaan buatan atau artificial intelligence (AI) di mana negara yang berhasil menguasai AI tersebut berpotensi menguasai dunia.

"Untuk itu, peran BPPT yang mampu memproduksi teknologi sendiri sangat dibutuhkan," ungkapnya.ologi/