Nadiem Lanjutkan Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet Bagi Siswa

M. Isa | Senin, 01/03/2021 16:58 WIB
Nadiem Lanjutkan Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet Bagi Siswa ilustrasi internet (gambar: Motley Fool)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melanjutkan kebijakan bantuan kuota data internet bagi para siswa selama tiga bulan sejak bulan Maret 2021.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim menerangkan, peserta didik PAUD mendapat 7 GB/bulan, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 10GB/bulan, dan pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 12 GB/bulan. Sedangkan, mahasiswa dan dosen mendapat 15 GB/bulan.

“Bantuan akan disalurkan pada tanggal 11-15 setiap bulan dan berlaku selama 30 hari sejak diterima,” ujar Nadiem Makarim dalam keterangan persnya.

Nadiem menjelaskan, berdasarkan masukan masyarakat, keseluruhan bantuan kuota data internet di tahun 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Adapun peserta didik dan pendidik yang menerima bantuan kuota adalah semua yang telah menerima bantuan kuota pada bulan November-Desember 2020 dan nomornya masih aktif.

“Otomatis mereka akan menerima bantuan kuota pada bulan Maret 2021. Kecuali yang total penggunaannya kuotanya kurang dari 1GB,” tegas Nadiem.


Berita Terkait :