Tokoh Lintas Agama Divaksinasi COVID-19 di Masjid Istiqlal

M. Isa | Selasa, 23/02/2021 15:29 WIB
Tokoh Lintas Agama Divaksinasi COVID-19 di Masjid Istiqlal Tokoh lintas agama ikuti vaksinasi covid-19 di Masjid Istiqlal Jakarta (foto: kemkesgoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Kementerian Agama (Kemenag) menggelar vaksinasi COVID-19 bagi Tokoh Agama di Basement 1 Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa 23 Februari 2021.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan semua pemuka agama akan divaksinasi di sini, “Jadi bukan hanya vaksinasi untuk pemuka agama tapi vaksinasi ini bertujuan untuk merajut kebersamaan dari seluruh keberagaman,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya.

Menurut Menkes, pelaksanaan vaksinasi di Masjid Istiqlal bagi tokoh agama akan menjadi pilot project untuk dilaksanakan di tempat lain.

“Vaksin yang sudah didistribusikan ke seluruh ibu kota provinsi sebanyak 4 juta, nanti 3 juta lagi akhir bulan ini dan salah satu target yang divaksinasi memang pemuka agama jadi nanti ini sebagai pilot project mudah-mudahan bisa segera kita replikasi ke daerah-daerah lain,” tambah Budi.

Vaksinasi di Masjid Istiqlal ditargetkan 1.100 sampai 1.200 orang setiap harinya. Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS mengatakan pelaksanaan vaksinasi di Masjid Istiqlal akan mencoba dilakukan selama sepekan.

“Saya kira ini contoh yang sangat baik, para tokoh-tokoh agama semua bersatu di sini untuk divaksin dan bisa kita lakukan juga di tempat-tempat lain di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Vaksinasi ini dilaksanakan dengan kerja sama Kemenkes, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Poltekkes, rumah sakit vertikal Kemenkes, kemudian dari tenaga kesehatan TNI-Polri, dari rumah sakit keagamaan NU dan Muhammadiyah bergabung di masjid Istiqlal.

 


Berita Terkait :