Pemerintah Akan Perluas Lumbung Pangan di Sumba Tengah

M. Isa | Selasa, 23/02/2021 15:25 WIB
Pemerintah Akan Perluas Lumbung Pangan di Sumba Tengah Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke NTT (Foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan memperluas lumbung pangan atau food estate di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga mencapai 10.000 hektare.

“Di sini memang, di Kabupaten Sumba Tengah ini, kita siapkan saat ini memang baru 5.000 hektare, di mana yang 3.000 (hektare) ditanam padi, kemudian yang 2.000 (hektare)  ditanam jagung. Tapi ke depan akan diperluas lagi dengan keluasan 10.000 hektare, yang nantinya dibagi 5.600 hektare untuk padi dan 4.400 hektare untuk jagung,” kata Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke NTT, Selasa 23 Februari 2021.

Selain itu, kata Presiden Jokowi, Pemerintah telah membangun sejumlah embung dan bendungan di wilayah NTT dan akan terus ditingkatkan jumlahnya.

“Saya sudah perintahkan tadi Pak Menteri PUPR untuk dilihat kemungkinan dibangun waduk atau bendungan, kemudian tambahan untuk embung dan juga sumur bor,” ujarnya.

Bahkan Presiden juga menginstruksikan kepada Menteri Pertanian untuk menyediakan alat mesin pertanian (alsintan) yang dibutuhkan, “Diikuti dengan nanti Kementerian Pertanian untuk membantu kekurangan-kekurangan alsintan. Traktor terutama di sini sangat dibutuhkan sekali,” tegasnya.