Kenalkan Moderasi Beragama, Kemenag dan Kemenlu Jalin Kerjasama

M. Isa | Senin, 22/02/2021 21:02 WIB
Kenalkan Moderasi Beragama, Kemenag dan Kemenlu Jalin Kerjasama Kementerian Agma dan Kementerian Luar Negeri akan menjalin kerjasama dalam mempekenalkan moderasi beragama ke masyarakat (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan bersinergi untuk mengenalkan moderasi beragama ke masyarakat dunia.

“Moderasi beragama saat ini bukan hanya menjadi kebutuhan di dalam negeri saja, tetapi juga dunia global,” kata Sekjen Kemenag Nizar dala keterangan persnya, Senin 22 Februari 2021.

Menurut Nizar, kebutuhan memasyarakatkan moderasi beragama ini, tentunya tak lepas dari peran diplomatik yang selama ini dilakukan oleh Kemenlu RI.  ”Kemenag memang leading sector moderasi beragama. Tetapi untuk mengenalkan moderasi beragama ke dunia global, ini tak lepas dari peran diplomatik. Dalam konteks ini, Kemenlu menjadi leading sektornya,” tuturnya.

Nizar berharap kerjasama ini juga dapat menjangkau pengembangan pendidikan moderasi beragama di Indonesia. “Misalnya, salah satunya kita punya Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang menargetkan 25% mahasiswanya dari luar negeri. Mungkin Kemenlu bisa membantu untuk rekrutmen mahasiswa ini,” harapnya.

Senada dengan Nizar, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (Dirjen IDP) Kemenlu Teuku Faizasyah menyambut baik gagasan tersebut. Ia berharap Kemenag dapat menyertai Kemenlu untuk menyiapkan konten promosi moderasi beragama di tingkat global.

“Mungkin nanti kita membuat film, video, atau bentuk publikasi lainnya yang lebih kekinian, yang dapat kita promosikan juga ke luar negeri,” katanya.