Hadiri Kontes Ikan Cupang di Sukabumi, Gus AMI: UMKM Penyelamat Krisis

Ahmad Zubaidi | Jum'at, 19/02/2021 18:45 WIB
Hadiri Kontes Ikan Cupang di Sukabumi, Gus AMI: UMKM Penyelamat Krisis Gus AMI menghadiri kontes ikan cupang di Sukabumi (foto Radarbangsa/AL)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI memimpin kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi pada Jumat, 19 Februari 2021. Di sela kunjungan kerja itu, Gus AMI menyempatkan diri menghadiri kontes ikan cupang di Gembok Cinta, Cisaat, Sukabumi.

Tak tanggung-tanggung, Gus AMI merogoh gocek cukup banyak untuk membeli sejumlah ikan cupang unggulan di lokasi kontes. Gus AMI mengaku kagum dengan semangat pengusaha kecil dan menengah saat pandemi Covid-19, tak terkecuali bagi pengusaha ikan cupang. Dia menyebut UMKM adalah penyelamat krisis ekonomi.

“Di masa-masa krisis ekonomi biasanya ada penyelamat yang namanya UMKM. UMKM ini ada yang muncul karena momentum, kayak ikan cupang ini momentumnya tepat, ada yang bisa kita desain dengan marketing yang canggih,” kata Gus AMI.

“Nah, UMKM harus menjadi penyelamat ekonomi nasional kita,” sambung dia.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai, rumitnya perekonomian Indonesia saat ini perlu diantisipasi melalui 3 aspek. Pertama, support permodalan dari pemerintah dan perbankan harus tinggi.

“Saya mengusulkan UMKM yang kesulitan mengembalikan pinjaman dalam jumlah yang rendah lebih baik dibantu pemerintah, dihilangkan, dihapus, diputihkan,” tutur Gus AMI.

Kedua, lanjut Gus AMI, memberi keterampilan, kecanggihan dan kemampuan untuk tangguh kepada para pengusaha UMKM.

“Dan ketiga kita ciptakan pasar baru, baik nasional maupun global. Saya kira permodalan harus disuntikkan. Dan daya beli masyarakat ditingkatkan,” tukas Gus AMI.


Berita Terkait :