Kerap Dilanda Bencana, Gus AMI: Sukabumi Perlu Perhatian Khusus

Ahmad Zubaidi | Jum'at, 19/02/2021 10:39 WIB
Kerap Dilanda Bencana, Gus AMI: Sukabumi Perlu Perhatian Khusus Gus AMI (tengah) memimpin kunjungan kerja DPR RI ke Kabupaten Sukabumi (foto DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua Tim Pengawas Pelaksana Penanganan Bencana DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI meminta pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk memberikan perhatian serius ke Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang kerap dilanda bencana.

Hal itu diungkapkan Gus AMI saat memimpin kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi pada Jumat, 19 Februari 2021. Menurutnya, musibah bencana longsor berulangkali terjadi di Sukabumi, sementara yang lama belum tertangani akibat keterbatasan anggaran terutama hunian sementara maupun rumah untuk relokasi.

“Oleh karena itu saya minta perhatian serius terutama kepada Menteri PU, yang kedua kepada teman2 komisi, baik itu komisi V, IX, Banggar untuk memperhatikan secara khusus emergency ini, terutama huntara maupun hunian tetap sebagai sarana relokasi korban musibah itu,” kata Gus AMI.

Merilis data BPBD Sukabumi, sepanjang sepanjang kurun waktu bulan Januari-Desember 2020 terjadi sebanyak 470 kejadian bencana di Kabupaten Sukabumi. Ratusan bencana ini menyebabkan kerugian hingga Rp 71 miliar. Di mana bencana longsor mencapai sebanyak 248 kejadian.

Selanjutnya disusul angin kencang 104 kejadian, 63 kejadian kebakaran, 27 kejadian banjir, 16 kejadian pergerakan tanah, 10 bencana lain-lain, dan 2 kejadian gempa bumi.

Oleh karena itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa ini kembali menegaskan bahwa perhatian pemerintah  ke wilayah Sukabumi mutlak harus dilakukan. Bahkan banyak diantaranya memerlukan penanganan secara permanen.

“Sukabumi harus mendapat perhatian karena terlampau sering mendapat bencana yang harus ditangani secara permanen,” ungkap Gus AMI.

Gus AMI juga siap menemui berbagai pihak terkait demi mewujudkan solusi yang cepat dan tepat dalam menangani musibah bencana di Kabupaten Sukabumi.

“Secara khusus saya akan menemui pihak-pihak institusi, instansi terkait terutama kementerian-kementerian yang bisa memberikan solusi cepat. Anggaran apakah akan terganggu? Pasti, pasti terganggu, tapi untuk hal-hal yang sifatnya emergency seperti ini hendaknya mendapat perhatian,” tutup Gus AMI.

Ketua Komisi X DPR RI sekaligus Ketua DPW PKB Jabar, Syaiful Huda turut mendampingi Gus AMI dalam kesempatan itu. Sementara Plh. Bupati Sukabumi, Zainul S beserta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sukabumi nampak menyambut.

Gus AMI juga sempat menyerahkan sejumlah bantuan pokok untuk korban bencana di Kabupaten Sukabumi, di antaranya adalah selimut, masker, alat swab antigen dan berbagai jenis bantuan lainnya.


Berita Terkait :