Komisi IV DPR Apresiasi Kontribusi Produk Ekspor Flora dan Fauna Asal Jatim

Rahmad Novandri | Rabu, 17/02/2021 20:45 WIB
Komisi IV DPR Apresiasi Kontribusi Produk Ekspor Flora dan Fauna Asal Jatim Anggia Erma Rini (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini mengatakan hasil produk-produk flora dan fauna asal Jawa Timur yang berkontribusi terhadap nilai ekspor Indonesia patut diapresiasi.

Menurut Politisi Fraksi PKB itu, produk-produk pertanian maupun perkebunan asal Jatim di luar negeri sangat diminati banyak orang. Bahkan, jelasnya, potensi flora dan fauna itu juga menjadi juara dan primadona, misalnya sarang burung walet.

“Produk-produk karya pertanian dan perkebunan asal Jawa Timur yang berhasil melakukan ekspor ini memang menarik semua dan patut diapresiasi,” kata Anggia seperti dilansir dari dpr.go.id, Rabu, 17 Februari 2021.

Sementara itu, Koordinator Bidang Karantina Hewan BBKP Surabaya Cicik Sri Sukarisih mengatakan, per bulannya di sepanjang tahun 2020, di Jatim, tercatat pihaknya telah memfasilitasi dan mengawal sebanyak 180 eksportir atau selama setahun ada sebanyak 2.160 eksportir.

Ia mengatakan, total ekspor sarang burung walet asal Jatim setiap bulannya berkontribusi sebesar 80 persen dari total ekspor. “Sedangkan untuk perusahaan yang berperan terhadap banyaknya ekspor sarang burung walet asal Jatim itu ada sebanyak 50 perusahaan," ujarnya.