Dimulai Hari Ini, Jokowi Pantau Langsung Vaksinasi Tahap Kedua

Ahmad Zubaidi | Rabu, 17/02/2021 11:12 WIB
Dimulai Hari Ini, Jokowi Pantau Langsung Vaksinasi Tahap Kedua Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di sela memantau vaksinasi Covid19 tahap kedua di Pasar Tanah Abang, Jakarta (foto setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo secara langsung memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang dimulai hari ini, Rabu, 17 Februari 2021 di Pasar Tanah Abang, DKI Jakarta.

Sebelumnya, sejak 14 Januari lalu, Pemerintah telah melaksanakan vaksinasi tahap pertama dengan sasaran sumber daya manusia (SDM) kesehatan sebanyak 1,46 juta orang.

Dalam kesempatan itu, Jokowi hadir didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur DKI Jakarta. Vaksinasi ini direncanakan akan berlangsung selama enam hari.

“Tahapan yang kedua yang dimulai hari ini di Pasar Tanah Abang DKI Jakarta atas kerja sama antara Kementerian Kesehatan dan (Pemerintah) Provinsi DKI Jakarta. Kita memulai vaksinasi untuk pelayan publik dan pekerja publik,” ujar Presiden usai peninjauan seperti dilansir dari setkab.go.id.

Vaksinasi tahap kedua ini, ungkap Presiden, ditujukan untuk 16,9 juta orang di seluruh Indonesia, ditambah 21,5 juta orang untuk kelompok masyarakat lanjut usia (lansia).

Terkait pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar di Blok A Pasar Tanah Abang, Presiden menilai bahwa manajemen pelaksanaannya berjalan dengan sangat baik.

“Kita harapkan para pekerja publik/pelayan publik, baik itu aparat keamanan, para pedagang pasar, wartawan, atlet, juga pekerja-pekerja di toko dan mal, semuanya akan divaksinasi,” ujarnya.

Tak hanya di DKI Jakarta, imbuh Presiden, vaksinasi juga dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia. “Ini akan berjalan, setelah di Provinsi DKI Jakarta, akan berjalan di provinsi-provinsi yang lain sehingga kita harapkan nanti jumlah yang divaksin setiap hari akan naik secara drastis,” ujarnya.

Mengakhiri keterangan persnya, Presiden kembali mengingatkan seluruh pihak untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Jangan lupa tetap, selalu saya sampaikan, 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) jangan kita lupakan,” tegasnya.