Menkeu Sri Mulyani: LPI Akan Dijalankan dengan Tata Kelola Baik dan Kredibel

M. Isa | Selasa, 16/02/2021 19:01 WIB
Menkeu Sri Mulyani: LPI Akan Dijalankan dengan Tata Kelola Baik dan Kredibel Menkeu Sri Mulyani (foto: setkabgiid)

RADARBANGSA.COM - Ketua Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (Dewas LPI), Sri Mulyani Indrawati mengatakan selain melakukan pemilihan Dewan Direktur, Dewas LPI juga fokus untuk membangun tata kelola lembaga itu.

“Dari Dewan Pengawas, kami telah menyelesaikan tadi sesuai dengan mandat, (yaitu) pemilihan Dewan Direktur dan yang kedua adalah berbagai tata kelola yang akan dibangun untuk LPI ini, yaitu bagaimana berbagai rambu-rambu yang harus dijalankan di dalam melaksanakan amanat dari Indonesia Investment Authority (INA),” kata Sri Mulyani Indrawati di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 16 Februari 2021.

Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) itu, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Dewas fokus membangun tata kelola yang baik dan kredibel bagi lembaga investasi ini, “Dari seluruh proses dari awal, saya sama Erick (Menteri BUMN) sebagai dua ex officio di dalam Sovereign Wealth Fund (SWF) ini, di dalam merekrut seluruh Dewan Pengawas titik beratnya adalah mencari orang yang menjanjikan dan memberikan keseluruhan profesionalitas mereka," tuturnya.

"Termasuk reputasi mereka untuk menjaga Sovereign Wealth Fund ini tidak mengalami kondisi tata kelola yang bisa menimbulkan risiko,” tambahnya sebagaimana dilansir setkabgoid.

Diketahui, selain Menkeu dan Menteri BUMN sebagai anggota ex officio, Dewas LPI juga diisi oleh tiga orang yang berasal dari kalangan profesional, yaitu Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari.

"Dewas LPI yang terdiri dari lima orang tersebut telah menetapkan beberapa peraturan Dewas sebagai landasan awal bagi LPI untuk bisa berjalan. Selain itu juga telah dilakukan penyertaan modal negara sebagai modal awal lembaga investasi ini," katanya.