Kembangkan Madrasah, Kemenag Sulsel Gagas Gerakan Sejuta Koin Wakaf

M. Isa | Kamis, 11/02/2021 19:03 WIB
Kembangkan Madrasah, Kemenag Sulsel Gagas Gerakan Sejuta Koin Wakaf Gedung Kementerian Agama (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan menggagas Gerakan Sejuta koin Wakaf. Gerakan ini untuk menggali potensi wakaf yang sangat sederhana untuk ditasarrufkan kepada pembangunan dan pengembangan madrasah dan pondok pesantren di Sulsel.

 

“Targetnya, membantu madrasah dan pesantren yang masih tertinggal,  di daerah terpencil dan memperihatinkan. Ini menjadi target prioritas untuk tahap pertama,” kata Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni dalam keterangan persnya, Kamis 11 Februari 2021.

 

Menurut Khaeroni, gagasan tersebut tidak ujug-ujug dibuat, tapi sudah melalui pendataan dan penelitian menyeluruh dari segenap penjuru Sulsel dan dari berbagai aspek.

"Hasil kajiannya juga sudah dipresentasekan kepada pimpinan di Kemenag pusat, Gubernur, Ketua DPRD, bahkan sejumlah Kepala Daerah di Sulsel. Pada dasarnya mereka semua setuju dan respek,” ujarnya.

Hasil penelitian dan pendataan, jelas Khaeroni, lahir ide untuk membangun empat tipologi madrasah. Yakni, Madrasah Alam di Soppeng, Madrasah Anak Pulau di Kepulauan Selayar, Madrasah Luar Biasa di Kab. Gowa, dan Madrasah Bahasa di Kota Makassar atau di Kab. Maros.

"Konsepnya adalah madrasah satu atap, dari Raudhatul Atfal (RA), Madrasah Ibtidaiyyah, Madrasah Tsanawiyah, sampai Madrasah Aliyah, serta berkonsep Boarding School atau asrama," katanya.