Komisi V DPR Desak Kemenhub Beri Stimulus Maskapai

M. Isa | Senin, 08/02/2021 20:23 WIB
Komisi V DPR Desak Kemenhub Beri Stimulus Maskapai Ketua Komisi V DPR RI Lasarus (foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mendesak agar Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk segera melakukan berbagai langkah skema untuk memberikan stimulus dalam rangka membantu pihak maskapai untuk tetap bisa menjalankan roda bisnis industri penerbangan.

"Mengingat pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak yang berat terhadap kondisi bisnis dunia maskapai penerbangan," kata Lasarus saat menyampaikan pendapat dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI, Senin 8 Februari 2021.

Lasarus mengingatkan, jangan sampai kedepannya maskapai dunia penerbangan terus menerus mengalami kerugian hingga gulung tikar, “Saya mendapat keluhan hampir dari seluruh maskapai tentang kondisi bisnis yang mereka alami akibat dari pandemi Covid-19. Maka, apakah sudah ada skema dari pemerintah untuk membantu supaya industri maskapai pesawat tetap bisa terbang," tambahnya.

"Jangan sampai, maskapai terus menerus mengalami kerugian dan kemudian mereka tidak punya solusi  Tentu, kita harus segera mengantisipasi  berbagai situasi tersebut sehingga jangan sampai tidak ada pesawat maskapai yang sanggup terbang,” sambung politisi PDI-Perjuangan itu.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae mempertanyakan sejauh mana langkah skema pemerintah dalam memberikan stimulus terhadap industri maskapai. 

"Saat pulang kampung, saya mengalami dimana satu pesawat hanya menampung paling maksimal 15 penumpang. Saya tidak bisa membayangkan betapa besarnya kerugian maskapai tersebut. Apakah pernah ada langkah skema pemerintah? Karena kalau tidak, maskapai bisa gulung tikar dengan sendirinya. Serta, jangan sampai maskapai tetap beroperasi namun mengabaikan aspek keselamatan,” tandasnya.