Penasehat DWP Kemenkes: Peran Ibu-ibu Sangat Besar Kurangi Penularan COVID-19

M. Isa | Rabu, 03/02/2021 08:01 WIB
Penasehat DWP Kemenkes: Peran Ibu-ibu Sangat Besar Kurangi Penularan COVID-19 ilustrasi (Credit: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan Ida Budi Gunadi Sadikin mengatakan keluarga merupakan wadah berkumpulnya anggota maupun unit terkecil di masyarakat.

Dalam fungsinya, kata Ida, keluarga dapat saling memantau kondisi setiap anggota keluarga untuk mengetahui jika ada yang bergejala terpapar COVID-19 atau tidak.

“Sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai anggota organisasi kemasyarakatan khususnya organisasi kewanitaan memiliki peran dan berkewajiban melindungi diri dan anggota lainnya sebagai pemantau, pengingat dan contoh teladan pembudayaan menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dan 3 M (Menjaga jarak, Memakai masker, Mencuci tangan) agar terhindar dari penularan COVID-19,” tutur Ida.

Peranan penting lainnya, lanjut Ida, adalah memberikan informasi yang benar bagi masyarakat khususnya pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Ia mengaku selama ini telah bermitra dengan pemerintah setempat dalam memberikan edukasi kesehatan sampai di akar rumput.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan untuk mengatasi pandemi COVID-19 strateginya adalah bagaimana kita bisa mengurangi laju penularan virus SARS-CoV-2. Dan di sini terdapat dua peran penting yang bisa dilakukan oleh Ibu.


Berita Terkait :