Komisi VII DPR Minta Pengembangan PLTP Kamojang Ditingkatkan

M. Isa | Senin, 01/02/2021 20:43 WIB
Komisi VII DPR Minta Pengembangan PLTP Kamojang Ditingkatkan PLTP Kemojang (foto: smkbanisaleh)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ramson Siagian mengatakan, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Kamojang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat perlu terus ditingkatkan.

Menurutnya, panas bumi merupakan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Karenanya, pengembangan panas bumi mempunyai peranan penting dalam pengembangan infrastruktur dan perekonomian di wilayah sekitar potensi panas bumi.

“Poin yang paling penting adalah peningkatan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi ini yang harus terus ditingkatkan. Karena potensi panas bumi di Indonesia untuk pembangkit listrik itu sekitar 20.000 MW, tapi yang diolah baru sekitar 2.000 MW. Nah ini masih ada peluang yang sangat besar untuk terus ditingkatkan," jelas Ramson dilansir dprgoid, Senin 1 Februari 2021.

Sebelumnya, Ramson mengatakan potensi pengembangan PLTP Kamojang sudah cukup baik dan dinilai sebagai energi yang bersih. Mengingat, PLTP Kamojang menjadi salah satu potensi panas bumi yang besar di Indonesia.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno meminta kepada Direktorat Jenderal EBTKE dan Kementerian ESDM dapat membuat suatu standar dalam pembangunan dan pengelolaan pembangkit listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP), "sehingga jika standar teknologi tersebut dilaksanakan, tidak akan berdampak kepada masyarakat,” katanya.


Berita Terkait :