Kritisi Pembangunan Sarana Pendidikan, Sofyan Ali Minta Pesantren Diperhatikan

Rahmad Novandri | Kamis, 28/01/2021 22:02 WIB
Kritisi Pembangunan Sarana Pendidikan, Sofyan Ali Minta Pesantren Diperhatikan Sofyan Ali (Anggota DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi V DPR RI, Sofyan Ali meminta pemerintah memperhatikan sarana pendidikan di pondok pesantren dan sekolah swasta. Menurut Politisi Fraksi PKB itu, pembangunan sarana pendidikan di Indonesia masih terfokus pada sekolah negeri.

"Diskriminatif bagi anak bangsa apabila pembangunan sarana pendidikan hanya berfokus pada Sekolah Negeri saja. Kita perlu memperhatikan para Santri yang belajar di Pondok-pondok Pesantren. Memberikan sarana yang sama dengan sarana pendidikan seperti di sekolah negeri yang ada di Indonesia," kata Sofyan Ali dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR RI dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis, 28 Januari 2021.

Ditegaskannya, selama ini pesantren membangun sarana pendidikan secara mandiri, sehingga masih sedikit pesantren yang bisa memenuhi sarana pendidikan serta fasilitas untuk para santri. Untuk itu, Sofyan Ali meminta pemerintah lebih memperhatikan pemerataan pembangunan sarana pendidikan di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Sofyan Ali juga mengkritisi Peraturan Presiden (Perpres) nomor 43 tahun 2019 tentang pembangunan sarana dan prasarana sekolah di Indonesia. Menurut legislator asal Jambi ini, Perpres tersebut belum mengatur tentang pesantren dan sekolah swasta.

"Perpres ini menempatkan sekolah-sekolah negeri saja dalam renovasi dan pembangunan sarana pendidikan dan perguruan tinggi negeri saja, tidak ada sekolah swasta. Sekolah swasta juga ikut memberikan kontribusi melahirkan pemimpin bangsa, terutama pesantren," ujarnya.