KAI Terima Hasil Tes GeNose Penumpang Maksimal 3 Hari Sebelum Keberangkatan

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 28/01/2021 14:49 WIB
KAI Terima Hasil Tes GeNose Penumpang Maksimal 3 Hari Sebelum Keberangkatan KAI Terima Hasil Test GeNose untuk Penumpang KA Jarak Jauh (Doc: KAI)

RADARBANGSA.COM – PT KAI resmi mengumumkan jika pihaknya akan menerima hasil Tes GeNose untuk penumpang kereta api jarak jauh.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan penumpang bisa melakukan tes genose maksimal 3 hari sebelum keberangkatan.

Aturan tersebut telah sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan yang baru saja diperbarui dan dipublikasikan pada 26 Januari lalu.

“Surat keterangan hasil negatif Covid-19 dari pemeriksaan GeNose Test atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR tersebut, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan,” demikian ungkap Joni, belum lama ini.

Terkait layanan pemeriksaan GeNose Test di stasiun rencananya akan tersedia secara bertahap mulai dari tanggal 5 Februari 2021. Saat ini, Joni mengatakan jika KAI masih dalam tahap persiapan bersama pihak Universitas Gadjah Mada dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI).

"Pada tahap awal, layanan tersebut rencananya akan disediakan di Stasiun Gambir dan Yogyakarta terlebih dahulu," sambug Joni.

Adapun penyerahan hasil Test GeNose atau Swab Antigen atau Swab PCR itu tidak diwajibkan bagi pelanggan yang berusia di bawah 12 tahun.

KAI menghimbau agar pelanggan KA tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"KAI mendukung penuh kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 melalui moda transportasi kereta api," tutup Joni. 

 

 

TAG : Test GeNose , KAI

Berita Terkait :