Kasus Positif Tembus 1 Juta, Kemenkes Tekankan Protokol Kesehatan

M. Isa | Rabu, 27/01/2021 17:12 WIB
Kasus Positif Tembus 1 Juta, Kemenkes Tekankan Protokol Kesehatan ilustrasi (Credit: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menekankan tanggung jawab pemerintah utamanya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada pada upaya 3T yaitu Testing Tracing dan juga Treatment (isolasi). 

“Kami di Kementerian Kesehatan akan bekerja keras, sangat keras untuk memastikan bahwa program testing, program tracing atau pelacakan, dan program isolasi kita bisa lakukan dan kita eksekusi dengan baik,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dilansir kemkesgoid, Rabu 27 Januari 2021.

Di sisi masyarakat, jelas Menkes Budi Gunadi Sadikin, protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) diharapkan menjadi gerakan disiplin masyarakat sebagai tameng untuk perlindungan dari terpapar COVID-19.

Menkes yakin bahwa masyarakat Indonesia memiliki modal sosial yang besar untuk bersama sama bersatu padu menghentikan laju penularan virus COVID-19

“Kita harus bekerja keras mengingatkan diri kita sendiri, mengingatkan teman-teman kita, mengingatkan keluarga kita, dan seluruh rakyat yang ada di lingkungan kita, agar kita disiplin protokol kesehatan. Kita memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, itu adalah satu hal utama yang harus dilakukan untuk mengurangi laju penularan virus ini,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Diketahui sebelumnya, berdasarkan data pada Selasa 26 Januari 2021, kasus pasien positif virus corona atau COVID-19 di Indonesia bertambah sebanyak 13.094. Total, pasien positif COVID-19 mencapai 1.012.350 kasus.

Kemudian, pasien sembuh dari COVID-19 pada hari ini bertambah sebanyak 10.868 kasus. Sehingga, total pasien sembuh di seluruh Indonesia menjadi 820.356 kasus.

Sementara itu, pasien meninggal dunia akibat positif corona juga bertambah sebanyak 336 jiwa. Total kasus kematian pasien positif COVID-19 mencapai 28.468 jiwa.