Pasca Divaksin Covid-19 Dosis Kedua, Ini Yang Dirasakan Presiden Jokowi

M. Isa | Rabu, 27/01/2021 16:22 WIB
Pasca Divaksin Covid-19 Dosis Kedua, Ini Yang Dirasakan Presiden Jokowi Vaksin Covid (Doc: Klik Dokter)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali disuntik vaksin Covid-19 untuk dosis kedua di Halaman Istana, Rabu 27 Januari 2021. Sebelumnya, Presiden telah disuntik vaksin dosis pertama.

“Setelah suntikan vaksin COVID-19 yang pertama itu di 13 Januari yang lalu, dua minggu yang lalu, sekarang hari ini saya mendapatkan suntikan vaksin yang kedua,” kata Presiden usai divaksinasi, sebagaimana dikutip laman setkabgoid.

Setelah disuntik vaksin yang diproduksi perusahaan asal Tiongkok, Sinovac Life Science Co.Ltd itu, Presiden Jokowi hanya merasakan pegal-pegal.

“Sama seperti yang dilakukan dua minggu yang lalu, tidak terasa. Kalau dulu setelah 2 jam hanya pegal-pegal, sekarang saya kira juga sama saja. Saya juga aktivitas ke mana-mana juga,” ungkapnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi Reisa Broto Asmoro, vaksinasi dosis pertama bertujuan untuk mengenalkan vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh. Dosis pertama ini dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal.

Selang 14 hari dari pemberian dosis pertama, dilanjutkan dengan suntikan kedua yang bertujuan untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya, “Dua dosis suntikan ini akan memicu respons antibodi yang lebih optimal dan lebih efektif di masa yang akan datang,” terangnya.


Berita Terkait :