Cetak Generasi Unggul, Kemenag Gelar Akademi Madrasah Digital

M. Isa | Senin, 25/01/2021 16:26 WIB
Cetak Generasi Unggul, Kemenag Gelar Akademi Madrasah Digital Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag), Nizar saat menghadiri wisuda di UIN SMH Banten beberapa waktu lalu (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama sejak pertengahan 2020 telah menggelar Akademi Madrasah Digital atau AMD. Program ini dilakukan untuk mendukung program pengembangan pendidikan madrasah.

"AMD telah memasuki tahap akhir, dewan juri telah menetapkan lima dari 22 tim yang akan berlaga di babak final," kata Sekjen Kemenag Nizar di Jakarta, Senin 25 Januari 2021.

Nizar menjelaskan, peserta AMD 2020 juga telah melewati proses inkubasi sejak 14 juli 2020 berupa  pelatihan intensif secara online  oleh tenaga pelatih profesional dari dunia industri digital. “Melalui AMD, kami meyakini akan mampu mencetak generasi Indonesia unggul yang siap menghadapi era revolusi industri 4.0,” jelasnya.

“Yaitu, generasi madrasah yang mampu menguasai teknologi informasi, khususnya Internet of Things, Big Data, Komunikasi, Pemasaran, dan kewirausahaan,” sambungnya.

Menurut Nizar, AMD juga menjadi salah satu bentuk respon Kemenag dalam melakukan proses transformasi digital di madrasah. Hadirnya program ini menjadi momentum bagi siswa-siswi madrasah untuk unjuk kemampuan di bidang teknologi.

Apalagi,  lanjut Nizar, konsep pembelajaran yang diberikan kepada anak didik melalui AMD adalah pembelajaran soft skill dan pendampingan pengembangan prototype. Hal ini akan semakin membuat anak didik di madrasah semakin Hebat Bermartabat dan mampu menjadi problem solver lewat project yang sudah mereka buat.

“Banyak hal baru yang didapatkan pada program ini. Para siswa mendapat pengetahuan tentang dinamika industry saat ini, bagaimana menelurkan ide, mendesain sesuatu, hingga pengetahuan dasar teknik  perancangan Internet of Things (IoT). Saya yakin suatu saat nanti, akan lahir talenta-talenta muda berbakat dari Madrasah yang akan menguasai Teknologi di Negeri ini,” jelas Nizar.