Banggar DPR Harap LPEI Bangkitkan UMKM

M. Isa | Jum'at, 22/01/2021 20:53 WIB
Banggar DPR Harap LPEI Bangkitkan UMKM Rapat Paripurna DPR RI. (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Badan Anggaran (Banggar) DPR mendorong agar Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) mampu membangkitkan UMKM yang berorientasi ekspor.

Said juga berharap LPEI untuk terus menjaga kinerja sekaligus secara terus menerus mendampingi, memberi pelatihan, juga memberikan berbagai kemudahan kepada sektor UMKM agar mampu melakukan ekspor.

"LPEI perlu terus menjaga kerja keras dalam mendorong bangkitnya UMKM yang berorientasi ekspor, termasuk pelaksanaan mandat lainnya dari pemerintah, seperti penugasan khusus ekspor, penjaminan korporasi padat karya, bahkan berperan juga sebagai pelaksana investasi dalam rangka PEN," kata Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, MH. Said Abdullah di Jakarta, Jumat 22 Januari 2021.

Selain itu, lanjut Said, LPEI perlu dengan serius memperkuat kapasitas dan kapabilitasnya baik dari sisi SDM, manajemen risiko, serta dukungan teknologi, sehingga, berbagai tugas dan amanat yang diberikan kepada LPEI sesuai undang-undang dapat direalisasikan.

Untuk diketahui, LPEI atau Indonesia Eximbank telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp 287 miliar sampai akhir Juni 2020 bagi UMKM ekspor di wilayah Riau. Selain memberikan pembiayaan kepada UMKM, LPEI juga memberikan pelayanan jasa konsultasi kepada pelaku usaha mikro kecil, agar dapat meningkatkan penjualan di pasar ekspor dengan sejumlah langkah.


Berita Terkait :