Gus Menteri Yakini Konsep SDGs Desa Percepat Pembangunan Desa

M. Isa | Kamis, 21/01/2021 20:36 WIB
Gus Menteri Yakini Konsep SDGs Desa Percepat Pembangunan Desa Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meyakini konsep SGDs Desa akan berdampak dalam percepatan penanganan pembangunan yang luar biasa terhadap berbagai permasalahan di desa.

"Dalam SDGs desa ini, seluruh aspek pembangunan harus dirasakan manfaatnya oleh warga desa tanpa ada yang terlewat, no one left behind," kata Gus Menteri, sapaan akrabnya saat menjadi Keynote Speaker dalam diskusi publik bincang - bincang Wisma Hijau - Bina Swadaya secara virtual, Kamis 21 Januari 2021.

Menurut Gus Menteri, SDGs desa bisa menjadi salah satu konsep yang merubah paradgima pembangunan, dari yang bersifat abstrak menjadi konkrit, dari yang bersifat konseptual menjadi terukur dan dari yang bersifat makro menjadi mikro.

"SDGs desa menjadi suatu ukuran dalam memanfaatkan penggunaan dana desa agar tercapai pembangunan yang diharapkan oleh desa," jelasnya.

Secara global maupun nasional terdapat 17 tujuan pencapaian dari SDGs. Namun kata Gus Menteri, Kemendes PDTT menghadirkan kebijakan SDGs desa yang terdapat 18 tujuan yang akan dicapai dari SDGs desa tersebut.


Berita Terkait :